MANAJEMEN SUMBER
DAYA MANUSIA I
I.Pendahuluan
II.PerencanaanSumberDayaManusia
III.PenarikanPersonalia/ SDM yang
dibutuhkan
IV.Seleksi
V.PengenalandanOrientasi
VI.LatihandanPengembanganSDM
VII.PenilaianPelaksanaanKerja
VIII.PemberianBalas JasadanPenghargaan(KOMPENSASI)
IX.PerencanaandanPengembanganKarir
X.PHK (PemutusanHubunganKaryawan)
PENDAHULUAN
A. PengertianSumberDayaManusia
•SumberDayaManusia(SDM) adalahmanusiayang bekerjadilingkungansuatuorganisasi(disebutjugapersonil,
tenagakerja, pekerjaataukaryawan).
•SumberDayaManusiaadalahpotensimanusiawisebagaipenggerakorganisasidalammewujudkaneksistensinya.
•SumberDayaManusia(SDM) adalahpotensiyang merupakanasset danberfungsisebagaimodal (non
material/non finansial) didalamorganisasibisnis, yang dapatdiwujudkanmenjadipotensinyata(real)
secarafisikdannon fisikdalammewujudkaneksistensiorganisasi.
B. PengertianManajemenSumberDayaManusia
Menurut
•Mary Parker Follett
ManajemenSumberDayaManusiaadalahsuatuseniuntukmencapaitujuan-tujuanorganisasimelaluipengaturanorang-oranglain untukmelaksanakanberbagaipekerjaanyang diperlukan, ataudengankatalain tidakmelakukanpekerjaan-
pekerjaanitusendiri.
•Edwin B. Flippo
ManajemenSumberDayaManusiaadalahperencanaan,
pengorganisasian, pengarahandanpengawasankegiatan-kegiatanpengadaan, pengembangan,
pemberiankompensasi,
pengintegrasian, pemeliharaandanpelepasansumberdayamanusiaagar tercapaiberbagaitujuanindividu, organisasidanmasyarakat
•French
ManajemenPersonaliaadalahpenarikan, seleksi, pengembangan,
penggunaandanpemeliharaansumberdayamanusiaolehorganisasi.
C. PengertianPenyusunanPersonalia/
SDM
•Fungsimanajemenyang berkenaandenganpenarikan, penempatan,
pemberianlatihandanpengembangananggota-anggotaorganisasi.
Proses/ FungsiPenyusunanPersonalia
Text Box: Perencanaan
Sumber daya
Manusia
PerencanaanSumberdayaManusiaPenarikanPersonaliaYang dibutuhkanSeleksiPengenalanDan
OrientasiPemeliharaanKesehatandankeamananPerencanaanDan pengembanganKarierPemberianBalas jasadanPenghargaanPenilaianPelaksanaankerjaLatihandanPengembangankaryawan
D. Pendekatan-pendekatanmasalahpersonalia/SDM
1)PendekatanMekanis/ konsepfaktorproduksi
Perkembanganindustri, denganpenerapanmesin-mesindanalat-alatelektronikapadabidangproduksitelahmembawakemajuanyang sangatpesatdalamefisiensikerja.
Pendekatanmekanisinibiasanyamenimbulkanpadamasalahpersonaliaantaralain :
a) pengangguranteknologis
: kehilanganpekerjaankarenapengembanganmesin-mesinatau
teknikproduksiyang baru.
b) keamanan
:seseorangkehilanganpekerjaannyamakajelasiaakankehilangansumberpenghasilannya.
c)Organisasiburuh.untukmelindungikaryawandarisikapsewenang-wenangpihakmanajemen.
d)Berkurangnyakebanggaandalambekerja
.manajemenkurangmenghargaikecerdasan, “Goodwill”dankreativitasparapekerja.
2) PendekatanPaternalisme
Yaitusuatukonsepyang menganggapbahwamanajemensebagai“Ayah”danbersikapmelindungiterhadapparakaryawan.
Ciri-cirinya:
-Diselenggarakannyasuatuprogram
personaliatersebuttidakdidasarkanataspertimbanganmanfaatdariprogram
tersebut
-Keputusantentangapadanbagaimanamelaksanakanprogram tersebutadalahtergantungsematamatapadapihakmanajemen.
3) PendekatanSistemSosial
.Organisasi/ perusahaanadalahmerupakansuatusistemyang
kompleksyang beroperasidalamlingkunganyang komplekspula yang
bisadisebutsebagai“Sistemyang adadiluar”.
Sumber: ManajemenPersonalia
HeidjrachmanR danSuadHusnan
Text Box: Pemegang saham
PemegangsahamPemerintahSerikatBuruhManajemenPerencanaOrganisasiPengarahanpengawasanPemrosesFungsi-fungsiFaktor-faktorPersonaliaPhisikSupplierKonsumenPesaingMasyarakat(SistemEktren)
Lembagakeuangan(input)
(sistemintern)
(memulai)
output(umpanbalik)
E.Tantangan-tantanganyang
dihadapiManajemenSDM
1. TantanganEkstern/ Lingkungan
= Kekuatan-kekuatandariluaryang
mempengaruhikegiatanbisnis/
perusahaanyang berpengaruhpula
padakegiatanManajemenSDM,
baiklangsungmaupuntidaklangsung.
Untukmenghadapitantangan-tantangantersebut, manajemenpersonaliadapatmengambillangkah-langkahsebagaiberikut:
a) Memonitorsecaraterusmenerusatausecaraefektifdanefisienperkembangandanperubahanlingkunganbisnisdenganmelakukanmembacamajalahdankran,
mendengarkansiaranradio, televisi,
dllmendapatkaninformasi-informasiup to date yang diperlukan.
b)Meresponataumereaksisecaracepatdalambentukfleksibelsetiapinformasisetelahdianalisisuntukmenghasilkanresponyang paling tepatdengancaramengembangkan, mempertahankanataumenghentikankegiatanbisnisdankebijaksanaanSDM yang sedangberlangsung.
.Perubahanyang cepat
.Keragamantenagakerja
.Globalisasi:
-PeorganisasiGlobal
-PelatihanInternasional
-AdaptasiProduk
-BudayaPerusahaan
-PersekutuanGlobal
-Kemampuanmembiayaitenagakerjayang bersaingdenganberbagainegaralainnyayang memilikiperusahaandalambisnisyang sama
-Perusahaanharusterbuka
.Peraturanpemerintah
.Perkembanganpekerjaandanperanankeluarga
.Kekurangantenagakerjayang terampil
2. TantanganIntern / Keorganisasian
Untukmenghadapitantanganinternal,
langkah-langkahyang diambil:
a)Meningkatkankontroluntukmencegah, denganberusahaagar
setiappersoalandapatdiselesaikansecepatnyasebelumberkembangmenjadipersoalanbesar.
b) Bertindaksecaraproaktifdalamartiaktifmelakukanusahamengambillangkah-
langkahpenyelesaian, sebelummasalah-
masalahlepasdarikendali.
c) Organisasi/ perusahaanmemerlukanmanajeryang mampubekerjadalammenghadapikompetisisecarafleksibel.
.Posisiorganisasidalambisnisyang
kompetitif
.Fleksibilitas
.Pengurangantenagakerja
.Tantanganrestrukturisasi
.Bisniskecil
.BudayaOrganisasi
.Teknologi
.SerikatPekerja
3. TantanganIndividual / Profesionalitas
.Keserasianantarapekerjadenganorganisasinya
.Tanggungjawabetnisdansosial
.Produktivitas
.Pelimpahankekuasaan/ wewenang
.Penyaluranbuahpikiran
4. TantanganMSDM lainnya:
.Masihbanyaktop manajerdanparamanajerpembantunyayang belummemahamifungsi, tujuandankontribusiMSDM dalammengembangkanorganisasi/
perusahaanagar menjadikompetitifdalammewujudkaneksistensinya.
.Masihbanyaktop manajerdanparamanajerbawahannya, yang tidakmenyadari, kurangmemahami, dantidakmelaksanakantanggungjawabnyadalammengelolaSDM dilingkungannyamasing-masing.
.Dari manajemenSDM ternyatamasihsangatlangkatenagakerjayang
profesionaluntukmelaksanakannyasecaraefektifdanefisien.
II. PerencanaanSumberDayaManusia
A.PengertianPerencanaanSDM
•Arthur W. Sherman danGeorge W.
Bohlander
PerencanaanSDM adalahprosesmengantisipasidanmembuatketentuan(persyaratan) untukmengaturarusgerakantenagakerjakedalam, didalamdankeluarorganisasidengantujuanuntukmempergunakanSDM seefektifmungkindanagar memiliki
sejumlahpekerjayang memenuhipersyaratan/ kualifikasidalammengisiposisiyang kapandanyang
manapunmengalamikekosongan.
•G. Steiner
PerencanaanSDM merupakanperencanaanyang bertujuanuntukmempertahankandanmeningkatkankemampuanorganisasidalammencapaitujuan/ sasarannya,
melaluistrategipengembangan/
kontribusipekerjanyadimasadepan.
•Umum(luas)
PerencanaanSDM adalahprosesuntukmenetapkanstrategi, memperoleh,
memanfatkan, mengembangkandanmempertahankantenagakerjasesuaidengankebutuhanperusahaansekarangdanpengembangannyadimasamendatang.
B.ManfaatPerencanaanSDM
•MeningkatkanSistemInformasiSDM,
yang secaraterusmenerusdiperlukandalammendayagunakanSDM secaraefektifdanefisienbagipencapaitujuanbisnisperusahaan.
•MempermudahpelaksanaankoordinasiSDM olehmanajerSDM, dalamusahamemperpadukanpengelolaanSDM.
•UntukmemperkirakankondisidankebutuhanpengelolaanSDM selama2
atau3 danbahkan10 tahunmendatang(untukjangkapanjang).
•Untukmengetahuiposisi/ jabatanataupekerjaanyang lowongpadatahunmendatang(untukjangkapendek).
C.KarakteristikSDM yang Kompetitif
•Memilikikemampuanmenjaring,
mengolahdanmemanfaatkaninformasidalammencaripeluangbisnisyang
menguntungkan.
•Memilikikemampuanmeresponsecaratepat.
•Memilikikemampuanmeresponsecaracepat.
•Mampumenghindariataumemperkecilresikodalammelaksanakankeputusan.
•Mampumengendalikancost benefit
ratio yang menguntungkan.
D.AnalisisTenagaKerjauntukPerencanaanSDM
Langkah-langkahAnalisistenagakerja:
1. Jumlahtenagakerja
2. Komposisitenagakerja
3. Kualitas
E.Faktor-faktoryang MempengaruhiPerencanaanSDM
I. FaktorEksternal:
•FaktorEkonomiNasionaldanGlobal
•FaktorSosial, PolitikdanHukum
•FaktorTeknologi
•FaktorPesaing
II. FaktorInternal (organisasi)
•RencanaStrategikdanRencanaOperasional(taktik)
•Anggaran/ cost SDM
•Peramalanproduksidanpenjualan
•FaktorBisnisBaru
•FaktorDesainOrganisasidanDesainPekerjaan
•FaktorKeterbukaandanKeikutsertaanManajer
III. FaktorKetenagakerjaan
•Pensiun, PHK, meninggalduniadantenagakerjayang selaluabsen.
•Promosi, pindah, tenagakerjayang
mendapatpelatihandanyang
mengikutipendidikandiluarperusahaan/ organisasi.
IV. Faktor-faktorLain
•Pasartenagakerja
•Prestasikerja
•Waktuyang tersediauntukmencapaisasaran/ tujuanbisnisjangkapendek.
•Faktordemografi
•Faktorsupervisi
•Faktorstafpendukung
•Faktorlokasi
III. PenarikanSDM (Rekruitmen)
A.PengertianPenarikan
•Prosesmendapatkansejumlahcalontenagakerjayang kualifaiduntukjabatan/ pekerjaanutama(produklinidanpenunjangnya) dilingkungansuatuorganisasi/ perusahaan.
•Prosespencariandanpemikatanparacalonkaryawan(pelamar) yang mampuuntukmelamarsebagaikaryawan.
Text Box: Permintaan-
Permintaan
khusus dari
Manajer
B.ProsesPenarikanPerencanaanSDMPermintaan-
PermintaankhususdariManajerLowonganpekerjaanyangtersediaAnalisisInformasijabatanPendapatManajerPersyaratan-
PersyaratanJabatanMetode-
MetodePenarikanPelamar-
PelamarYang memuaskan
C.Kendala-kendalaPenarikan
I. Kebijaksanaan-kebijaksanaanOrganisasional
•KebijaksanaanPromosi
•KebijaksanaanKompensasi
•KebijaksanaanStatus Karyawan
•KebijaksanaanPenerimaanTenagaLokal
II. Rencana-rencanaSDM
III.KondisiPasarTenagaKerja
IV.Kondisi-kondisiLingkunganEksternal
V.Persyaratan-persyaratanJabatan
VI.Kebiasaan-kebiasaanPelaksanaPenarikan
D.Saluran-saluran/ Metode-metodePenarikan
•Walk –ins
•RekomendasidariKaryawan
•Pengiklanan
•Agen-agenpenempatantenagakerja
•Lembaga-lembagapendidikan
•Organisasi-organisasiKaryawan
•Leasing
•Nepotisme
•Asosiasi-asosiasiprofesional
•Operasi-operasiMiliter
•Open House
IV. Seleksi
A.PengertianSeleksi
•Pemilihanseseorangtertentudarisekelompokkaryawan-karyawanpotensialuntukmelasanakansuatujabatantertentu.
•Serangkaianlangkahkegiatanyang
digunakanuntukmemutuskanapakahpelamarditerimaatautidak
B.Tantangan-tantanganProsesSeleksi
•Tantangan-tantangansuplai
•Tantangan-tantanganetnis
•Tantangan-tantanganorganisasional
C.Langkah-langkah/ ProsedurdalamProsesSeleksi
•Penerimaanpendahuluanpelamar
•Tes-tespenerimaan
•Wawancaraseleksi
•Pemeriksaan-pemeriksaanreferensi
•Evaluasimedis(teskesehatan)
•Wawancaraolehpenyelia
•Keputusanpenerimaan
V. PengenalandanOrientasi
A.PengertianOrientasi
•Usahamembantuparapekerjaagar
mengenalisecarabaikdanmampuberadaptasidengansuatusituasiataudenganlingkungan/ iklimbisnissuatuorganisasi/ perusahaan.
A.PelaksanaanProgram Orientasi
•Harusmampumembantuparapekerjabaruuntukmengetahuidanmemahamistandarpekerjaan, harapanorganisasiatauperusahaanpadadirinya, norma-
normadantradisiyang dihormatidanberlakudiperusahaansertakebijaksanaan-kebijaksanaanyang
harusdijalankannya
•Harusmampumembantuparapekerjabaruuntukmemahamidanbersediamelaksanakanprilakusosialyang
mewarnaikehidupanorganisasi/
perusahaansehari-hari.
•Harusmampumembantuparapekerjabaruuntukmengetahuidanmemahamiberbagaiaspekteknispekerjaan/
jabatannya, agar mampumelaksanakantugas-tugasnyasecaraefektif, efisiendanproduktif.
VI. LatihandanPengembanganSDM
A.PengertianLatihandanPengembangan
•Pelatihan:program-program untukmemperbaikikemampuanmelaksanakanpekerjaansecaraindividual, kelompokdan/ atauberdasarkanjenjangjabatandalamorganisasi/ perusahaan.
•Pelatihan:prosesmelengkapiparapekerjadenganketrampilankhususataukegiatanmembantuparapekerjadalammemperbaikipelaksanaanpekerjayang
tidakefisien.
•Latihan:memperbaikipenguasaanberbagaiketrampilandanteknikpelaksanaankerjatertentu, terincidanrutin.
•Pengembangan:program untukmenyesuaikandiridengankemajuanteknologi.
B.Teknik-teknikLatihandanPengembangan
•Metodepraktis(on –the –job training)
•Teknik-teknikpresentasiinformasidanmetode-metodesimulasi(off –the –job
training)
Text Box: Teknik-teknik latihan
Dan pengembangan
Teknik-tekniklatihanDan pengembanganOff the jobtrainingOn the jobtrainingsimulasiPresentasiinformasiRotasijabatanMetodeStudikasuscoachingRoleplayingBusinessgamesMetodekuliahProgrammedinstrutionSelfstudyInstruksipekerjaanmagangVestibuletrainingLatihanlaboratoriumProgramPengembanganeksekutifAnalisistransaksionalPresetasivideoMetodekonferensiSistemPenilaianprestasiPenugasansementara
B.EvaluasiProgram LatihandanPengembangan
Text Box: Kriteria
evaluasi
KriteriaevaluasiTespendahuluan(pre test)
Para karyawanDilatihataudikembangkanTespurna(post –test)
Transfer ataupromosiTindak-lanjut
VII. PenilaianPelaksanaanKerja/
PrestasiKerja
A.PengertianPenilaianPrestasiKerja
.Prosesmelaluimanaorganisasi-
organisasimengevaluasiataumenilaiprestasikerjakaryawan.
.Prosespengamatan(observasi)
terhadappelaksanaanpekerjaanolehseorangpekerja
.Pendadaran(deskripsi) secarasistematik(teratur) tentangrelevansiantaratugas-tugasyang diberikandenganpelaksanaannyaolehseorangpekerja.
.Kegiatanpengukuransebagaiusahamenetapkankeputusantentangsuksesataugagaldalammelaksanakanpekerjaanolehseorangpekerja.
B.Kegunaan-kegunaanPenilaianPrestasiKerja
1. Perbaikanprestasikerja
2. Penyesuaian-penyesuaiankompensasi
3. Keputusan-keputusanpenempatan
4. Kebutuhan-kebutuhanlatihandanpengembangan
5. Perencanaandanpengembangankarier
6. Penyimpangan-penyimpanganprosesstafting
7. Ketidakurataninformasional
8. Kesalahan-kesalahandesainpekerjaan
9. Kesempatankerjayang adil
10. Tantangan-tantanganeksternal
Tujuanumumpenilaianprestasikerja
•Untukmemperbaikipelaksanaanpekerjaanparapekerja.
•Untukmenghimpundanmempersiapkaninformasibagipekerjadanparamanajerdalammembuatkeputusanyang dapatdilaksanakan.
•UntukmenyusuninventarisasiSDM dilingkunganorganisasi/ perusahaan.
•Untukmeningkatkanmotivasikerja.
Tujuankhusus
•Sebagaidasardalammelakukanpromosi,
menghentikanpelaksanaanpekerjaanyang
keliru, menegakkandisiplin, menetapkanpemberianpenghargaan/ balas jasa.
•Mengahasilkaninformasiyang dapatdipergunakansebagaikriteriadalammembuattesyang validitasnyatinggi.
•Menghasilkaninformasisebagaiumpanbalikbagipekerjadalammeningkatkanefisiensikerjanyadenganmemperbaikikekurangan/ kekeliruannyadalammelaksanakanpekerjaan
•Berisiinformasiyang dapatdigunakanuntukmengidentifikasikebutuhanpekerjadalameningkatkanprestasikerja.
•Memberikaninformasitentangspesifikasijabatanbaikmenurutpembidangannyamaupunberdasarkanpenjenjangannyadalamstrukturorganisasi/ perusahaan.
C.StandarPekerjaandalamPenilaianPrestasiKerja
Informasinya:
1. InformasitentangKPA TUGAS-TUGASyang harusdikerjakanolehseorangpekerjatermasuksupervisor.
2. InformasitentangBAGAIMANA CARAterbaikdalammelaksanakantugas-
tugastersebut.
3. InformasitentangHASIL MAKSIMALyang seharusnyadicapaidalammelaksanakantugas-tugasdengancaratersebut.
D.PersyaratanSistemPenilaianPrestasiKerjayang Efektif
1. PersyaratanIlmiah/ Legal / Formal :
•Relevansi
•Sensitivitas
•Reliabilitas
2. PersyaratanOperasional:
•Akseptabel
•Praktis
E.MetodePenilaianPrestasiKerja
•Metodeukuranringkas
•Metoderanking/skalanilaidanmembandingkan
•Metodedaftarcekperilaku
•Metodedistribusipenyebarankemampuan
•Metodegrafikskalanilai
•MetodePencatatankejadianpenting
•Manajemenberorientasipadahasil
•Metodepenyusunandanreview perencanaan
1.Interview
2.Observasi
3.Reviu/diskusi
4.Monitor komputer
5.Rekamanvideo
F.Bias Penilaian
•Kesanpertama(Halo error)
•Hasilyang berbeda(Contrast Error
Result)
•Kekeliruankarenakemarahanhati(Generosity Error)
•Kesanhasilpenilaiansebelumnya(RecencyError Result)
•Prasangkapribadi
VIII Pemberianbalas jasadan
penghargaan
A.PengertianKompensasi
•Segalasesuatuyang diterimaparakaryawansebagaibalas jasauntukkerjamereka
•Pemberiankepadakaryawandenganpembayaranfinansialsebagaibalas jasauntukpekerjaanyang dilaksanakandansebagaimotivator untukpelaksanaankegiatandiwaktuyang akandatang
•Penghargaan/ganjaranpadaparapekerjayang telahmemberikankontribusidalammewujudkantujuannya, melaluikegiatanyang disebutbekerja
B.Tujuan-tujuanAdministrasiKompensasi
•Memperolehpersonaliayang Qualified
•Mempertahankanparakaryawanyang adasekarang
•Menjaminkeadilan
•Mengendalikanbiaya-biaya
•Memenuhiperaturan-peraturanlegal
Text Box: C. Jenis-jenis Kompensasi
C. Jenis-jenisKompensasi•Kompensasilangsung.Gaji.Upah•Kompensasitidaklangsung.THR
.Tunjanganharinatal.Jaminankesehatan.Liburan.Cuti•Insentif.Bonus
D. Tantangan-tantanganyang
mempengaruhikebijaksanaanKompensasi
•Suplaidanpermintaantenagakerja
•Serikatkaryawan
•Produktivitas
•Kesediaanuntukmembayar
•Kemampuanuntukmembayar
•Berbagaikebijaksanaanpengupahandanpenggajian
•Kendala-kendalapemerintah
•Biayakehidupan
E. ProsesPenentuanUpah
Text Box: Analisis
pekerjaan
Analisispekerjaan
Text Box: Deskripsi dan
Spesifikasi
Pekerjaan
DeskripsidanSpesifikasiPekerjaanEvaluasipekerjaanSurveipengupahanAnalisismasalahMasalahorganisasionalYang relevanAturan-aturanadministrasiStrukturupah
Text Box: Standar-standar
Pekerjaan
Standar-standarPekerjaan
Text Box: Penilaian prestasi
Kerja karyawan
diferensial
PenilaianprestasiKerjakaryawandiferensial
Text Box: Pembayaran Upah
PembayaranUpah
Oval: Peraturan
Upah minimum
PeraturanUpahminimum
IX. PerencanaandanPengembanganKarier
A.PengertianKarier
•Sebagaisalahsatuurutanpromosiataupemindahan(transfer) lateral kejabatan-
jabatanyang lebihmenuntuttanggungjawabataukelokasi-lokasiyang lebihbaikdalamataumenyilanghirarkihubungankerjaselamakehidupankerjaseseorang
Text Box:
•
•Sebagaipenunjukpekerjaan-pekerjaanyang membentuksuatupolakemajuanyang sistematikdanjelasjalurkariersebagaisejarahpekerjaanseseorangatauserangkaianposisiyang dipegangnyaselamakehidupankerja•Seluruhpekerjaan(jabatan) yang
ditanganiataudipegangselamakehidupankerjaseseorang.
B.ManfaatPerencanaanKarier
•Mengembangkanparakaryawanyang
dapatdipromosikan
•Menurunkanperputaran
•Mengungkappotensikaryawan
•Mendorongpertumbuhan
•Mengurangipenimbunan
•Memuaskankebutuhankaryawan
•Membantupelaksanaanrencana-
rencanakegiatanyang telahdisetujui
C.MendesainProgram PengembanganKarier
•FasePerencanaan
•FasePengarahan
.KonselingKarier
.Menyelenggarakanpelayananinformasi
•FasePengembangan
.PenyelenggaraanSistemMentor
.Pelatihan
.Rotasijabatan
.Program Beasiswa/ IkatanDinas
D.PerananDepartemenPersonaliadalamPengembanganKarier
1.DukunganManajemen
.Komitmenolehmanajemenpuncakadalahkrusialuntukmendapatkandukunganparamanajerlainnya.
2.UmpanBalik
.Memberitahukankepadaparakaryawansecaraperiodikmengenaiprestasikerjamereka.
.Program penempatan
Tujuanumpanbalik:
1.Untukmenjaminparakaryawanyang tidakdipromosikanbahwamerekamasihbernilaidanakandipertimbangkanuntukpromosi-
promosiselanjutnya, bilamereka“qualified”.
2.Untukmenjelaskanmengapamerekatidakterpilih.
3.Untukmenunjukkanapakegiatan-
kegiatanpengembangankarieryang harusdiambil.
3.Kelompok-kelompokKerjaKohesif
•Organisasiadalahlingkunganyang
memuaskan.
X. PemutusanHubunganKaryawan
A.PengertianPHK
PHK adalahsuatukondisitidakbekerjanyalagikaryawantersebutpadaperusahaankarenahubungankerjaantarakaryawandanperusahaanterputus, atautidakdiperpanjanglagi.
B.DampakPHK
I.BagiPerusahaan
•Terhentinyaproduksisementara
•Harusmencaripenggantinyadengankaryawanbaru
•Melepaskaryawanyang sudahberpengalamandansetia
•Memerlukanbiayayang besaruntukmerekrutlagi
II.BagiKaryawan
•Timbulnyasituasiyang tidakenakkarenaharusmenganggur
•Terputusnyahubungandenganteman-temansekerja
•Berkurangnyarasahargadiri
•Hilangnyapenghasilanyang diterimauntukmembiayaikeluarga
•Harusbersusahpayahmencaripekerjaanbaru
C.Sebab-sebabPHK
I.PHK atasdasarpermintaansendiri
•Masalahkeluarga
•Tidakdapatmengembangkankarier
•Lingkungankerjayang kurangnyaman
•Masalahkesehatan
•Perlakuanyang kurangadil
•Tingkatkompensasiyang rendah
•Pekerjaantidakcocokdenganminatdanbakat
II.PHK karenakebijaksanaanperusahaan
•Karyawantidakdisiplin
•Karyawankurangcakapdantidakproduktif
•Karyawanmelakukantindakanasusila
•Penyederhanaanorganisasidalamperusahaan
III.PHK karenaperaturanperundang-
undangan
•Meninggaldunia
•TelahmencapaibatasusiauntukPHK
•Melanggarperaturanyang berlaku
•Berakhirnyakontrakdenganperusahaan
D.Macam-macamPHK
I.PHK yang bersifatsementara
.Karyawantidaktetap
.Perusahaanyang bergerakataumenghasilkanproduksecaramusiman
.Karyawanyang dikenakantahanansementara
II.PHK yang bersifatpermanen(pemberhentian)
.Pemberhentiandenganhormat
•Permintaansendiri
•Telahmencapaiusiapensiun
•Meninggaldunia
•Adanyapenyederhanaanorganisasiperusahaan
•Tidakcakapjasmaniataurohani
.Pemberhentiandengantidakhormat
•Melakukanpelanggaranataukejahatan
•Terlibatdalamperbuatanyang
menentangpemerintah
•Meninggalkantugastanpaizin
•Sengajamelanggarikatanperjanjiankerja
•Merugikanperusahaantempatbekerja
0 komentar:
Posting Komentar